Kamis, 11 Juli 2013

Pergi ke Jepang, is Possible! Ringkasan Buku Claudia Kaunang, Rp 2,5 Juta Keliling Jepang

Pergi ke Jepang, is imPossible! Ringkasan Buku Claudia Kaunang, Rp 2,5 Juta Keliling Jepang (Tokyo-Lake Kawaguchiko-Kyoto-Osaka)


Akhirx2 ini, q sedang melakukan pemburuan bukux2 yang berkaitan dengan Negri Sakura, Jepang. Dari tempat fotokopian, toko buku yang kecil hingga yang besar (Gramedia), hingga bazar buku yang sering diadakan beberapa kali setahun di kotaku (Samarinda) dimana semua buku yang ada disitu pasti diskon gilax2an, dari buku yang jadul sampai yang baru. Dan pastinya, q pasti mendapatkan apa yang q incar. Walaupun bukunya berserakan dan membentuk gunung yang lumayan tinggiii (biasanya ini terjadi pada saat bazar) dan harus cekatan melihatnya sebelum orang lain ngambil atau malah kehabisan.

Entah ini sebuah keahlian atau semacam indra keenam (?), setiap kali q membeli buku, apapun jenisnya, PASTI! Engga rugi untuk membelinya dan biasanya yang kubeli pasti buku yang harganya lumayan miring/murah (ini nyata! Semua teman dan kakakku sendiri, pasti selalu mengandalkan q kalau mau beli buku. Jadi, sering diajak jalan deh! Yeaaaa XD) Dan salah satu buku yang BENARx2 engga rugi dibeli adalah buku ini! Kejadian q beli buku ini juga lumayan mengagetkan loh! #adminnya mau curhat dulu -_-#

Pada saat itu, q sedang pergi ke Balikpapan untuk mengantar sang kakak pulang ke Makassar karna liburan kuliahnya sudah habis. Sebelum mengantarkannya ke bandara, kami sekeluarga menyempatkan diri untuk jalanx2 keliling Balikpapan (walaupun q sudah bosan banget jalan kesana karna sudah sering banget + q lagi sakit dan penampilan pada saat itu, kayak orang lemas yang habis nangis semalaman sampaix2 matanya bengkak!) Bagaimana pun situasinya, q tetap memaksakan diri untuk ikut jalan. Lalu, sesampainya di Balikpapan Central Plaza. Q langsung ngebut ke Gramedia untuk segera mencari buku, tentu saja, buku yang ada kaitannya ama Jepang. Tapi! Karna pada saat itu hari minggu dan hari terakhir liburan panjang, disana penuh sesak dengan buanyaknya manusia, yang lagi weekend ama keluarganya. Sudah rame banget dan q juga lagi sakit, tapi! Q takkan putus asa untuk mencari buku tersebut. Sesampainya di Gramedia, (tentu saja) disana juga dipenuhi dengan orangx2 yang lagi punya kepentingan masingx2. Jadi (lagix2) q harus bersabar dengan banyaknya orang + di Gramedia Balikpapan ini lagi ada renovasi, jadi ruangannya jadi sempiiiiiiiit buanget rasanya juga pengap banget dengan suara yang bercampur aduk dengan tukang yang lagi kerja ama suara orangx2 yang sibuk dengan kepentingannya DAN bukux2 disana SANGATTTT berantakan!? Buset dah! Ini toko buku atau pasar sih! Benarx2 enda bisa digambarkan seberantak apa disana, yang penting kayak kapal pecah. Selain itu, penentapan bukunya pun sembarangan jadi harus kerja extra lagi untuk mencarinya. Dan pada akhirnya... q berhasil menemukan buku ini, dimana buku ini tinggal satux2nya disana! Beneran! Tinggal satux2nya!!! Haaa... semua usaha kerasku akhirnya mendapatkan hasil yang baik.

Wow! Kayaknya q banyak juga ya curhatnya, hehehe maklum seneng banget sih dapat buku ini. #admin! cepetan ringkasannya, jangan curhat lagi dong# Iyo, yo! Nah, tanpa curhat panjang lebar lagi. Q persembahkan ringkasannya! Dozo!!!



Judul : Rp 2,5 Juta Keliling Jepang (Tokyo-Lake Kawaguchiko-Kyoto-Osaka)
Pengarang :  Claudia Kaunang
Penerbit : B-first
Tebal Buku : xii+212 hlm; 19 cm

Dalam buku ini, kita diberikan 8 pokok pembahasan. "Japan is imPossible", yang berisi tentang 5 fakta mengejutkan seputar Jepang. "Highlights of Japan", berbagai macam hal yang WAJIB kita lakukan pada saat di Jepang. "A Sampai Z Tentang Jepang", penjelasan singkat halx2 seputar Jepang. "Japan on Winter", perjalanan sang penulis di Jepang. "Perincian Biaya", tentu saja perkiraan biaya perjalanan selama berada di Jepang. "Belanja Cerdas di Jepang", tipsx2 untuk berbelanja hemat di Jepang. "Jepang Menurut Mereka", pendapat beberapa orang yang sudah pernah ke Jepang. "General Information", informasix2 yang sangat berguna sebelum-sesudah berada di Jepang.
Kalau diliahat dari pokok bahasan yang diberikan, kita benarx2 SANGAT beruntung membeli buku ini. Penggunaan bahasanya juga bagus, jadi enak untuk dibaca. Selain itu, kita juga diperlihatkan berbagai macam fotox2 yang akan sangat membantu kita untuk katakan saja "berkhayal" seperti apa Jepang itu. Dan lebih hebatnya lagi, buku ini engga tanggungx2 loh, memberikan peta rute kereta, dan subway untuk Tokyo, Osaka dan Kyoto. Juga diberikan peta Jepang yang lumayan membantu untuk perjalanan kita nantinya. Lalu, dari segi penampilan covernya, benarx2 bagus! Covernya yang enak dipegang dengan ketebalan yang sudah mencukupi, juga warna covernya yang kesannya terang, indah, dan tidak norak, yang pastinya bagus :)

Nah, ini sedikit ringkasan dalam buku ini dan juga pendapatku tentang buku ini. Well, mungkin ini termasuk membocorkan isi didalam buku ini. Tapi, q akan berikan sedikit gambaran seperti apa isi buku ini. Supaya minna-san sekalian jadi tambah kepengen beli buku ini! Dari 8 pokok bahasan, q ambil yang Japan is imPossible, sesuai dengan judul postingnya kan.

  1.  Japan is imPossible


  • Fakta #1 Jepang Itu Terjangkau!
Dalam buku ini, kita dijelaskan bahwa biaya hidup seperti transportasi (sebelum-sesudah di Jepang), akomodasi, konsumsi, tempat wisata, dan belanja benarx2 terjangkau (selama kita pintarx2 menyiatinya)
  • Fakta #2 Banyak Variasi Makanan Halal di Jepang
Ternyata menu halal di Jepang sangat mudah kita temukan. Disini dijelaskan makananx2 yang seperti apa yang aman kita konsumsi, apalagi yang menganut agama islam pasti sangat membutuhkan info ini.
  • Fakta #3 Tidak Sulit Berkomunikasi di Jepang
Kata siapa kita akan sangat sulit berkomunikasi dengan masyarakat disana, disini dijelaskan bahwa kita bisa jalanx2 di Jepang tanpa harus khawatir tersesat karna kesulitan komunikasi dengan orangx2 disekitar kita.
  • Fakta #4 Jalur Transportasi di Tokyo Mudah Untuk di Pelajari
Memang rute transportasi di Jepang lumayan sulit untuk dimengerti. Tapi, selama kita teliti dan bersabar pasti kita bisa mengerti juga. Disini kita dijelaskan seperti apa rute transportasi di Jepang.
  • Fakta #5 Orang Jepang Ramah dan Senang Membantu
Pertamanya, q memiliki pandangan bahwa orang Jepang itu judes dan egois karna mereka cuman memperdulikan urusan mereka sendiri (apalagi liat raut muka mereka yang super duper datar). Tapi, pada saat q baca tentang fakta ini, pandanganku itu pun berubah bahwa orang Jepang itu SANGATlah ramah.

Yah... mungkin segitu aja bocorannya karna lebih enak kalau baca sendiri, ya kan??? Jadi, siap kan uang kalian dan cepat pergi beli buku ini! Bener deh, kalian yang pengen tau info Jepang apalagi yang mau travel ke Jepang dengan harga yang lumayan murah wajib punya buku ini!

Tambahan:
Terima kasih untuk Mbak Claudia Kaunang, yang sudah berbaik hati berbagi pengalamannya di Jepang. Arigatou gozaimasu XD

Claudia Kaunang

Oh ya, q masih punya banyak buku yang bertemakan traveling dan Jepang. Jadi, tentu saja, q akan bikin ringkasannya juga!

Ingin me-repost posting ini? Tolong untuk minta izin melalui komentar dan sertakan sumbernya ^-^

3 komentar:

  1. Arigatou buat info nya, jadi pengen beli..
    Btw, aku suka jepang karna ANIME nya. Coba kalo tambah ke AKIHABARA, pasti enak.. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... dibuku ini juga bahas tentang Akihabara kok. Malah di jelaskan secara rinci loh apa aja yang ada disana, pasti akan sangat membantu banget buat kamu yang suka dengan anime deh :)

      Oke, dibeli ya bukunya. Yakin engga akan rugi!

      Hapus
  2. Alfi, aku rencananya mau ke Jepang akhir tahun ini tapi memang budget sangat terbatas. Kemarin aku coba2 cari buku ini di Gramed semuanyaa habis. Boleh aku pinjam sebentar? Terimakasih banyak yaa..
    ini email ku sekar.megakarya@gmail.com

    BalasHapus